Air untuk Perdamaian..


Posted on Friday, 29 March 2024 | by : Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Admin SDA BK) | 56 kali dibaca


Hari Air Dunia diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Maret. Pelaksanaan Hari Air Dunia (World Water Day) bertujuan bentuk menarik perhatian publik masyarakat sedunia mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan serta menyadarkan masyarakat terkait dampak yang ditimbulkan jika tidak menjaga lingkungan untuk pengelolaan sumber-sumber air secara berkelanjutan.

Hari Air Sedunia mulai dicetus pada Sidang Umum PBB ke – 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Sidang tersebut direspon Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia.

Setiap tahun tema yang diusung untuk perayaan Hari Air Dunia berbeda-beda. Peringatan Hari Air Dunia ke-32 Tahun 2024 mengusung “Water For Peace atau Air Untuk Perdamaian”. Tema ini yang dikeluarkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa. Fokus utama tema ini adalah kompleksitas isu air global yang dapat menciptakan perdamaian atau konflik.

Tema "Air untuk Perdamaian" diharapkan mendorong kolaborasi internasional guna menciptakan dampak positif, memperkuat harmoni, meningkatkan kemakmuran, serta membangun ketahanan terhadap tantangan bersama. Semua negara perlu menyadari bahwa air bukan hanya sumber daya yang dapat diperebutkan, tetapi juga hak asasi manusia yang melekat pada setiap aspek kehidupan. Dengan kerjasama global, diharapkan dapat tercipta kondisi di mana air menjadi alat perdamaian, bukan pemicu konflik.

Memperingati Hari Air Dunia ke-32 Tahun 2024 Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDABK) Provinsi Sumatera Barat melakukan beberapa kegiatan. Diantaranya, pelaksanaan seminar yang bersinergi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera V dengan tema “Menjaga Perdamaian dengan Pengelolaan Air Berkelanjutan”. Dimana acara seminar ini diikuti oleh seluruh Balai Teknik, Balai Besar Wilayah Sungai, dan Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Acara seminar ini dilaksanakan pada hari Jum’at Tanggal 22 Maret 2024 yang bertempat di The ZHM Premiere Hotel Kota Padang.

Rangkaian Hari Air Dunia pada tahun ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan menuju 10th World Water Forum yang akan dilaksanakan pada tanggal 18-25 Mei 2024 di Bali. Bertemakan “Water for Shared Prosperity”, 10th World Water Forum merupakan acara lintas negara terbesar yang membahas masalah pengelolaan sumber daya air.


Gubernur dan Wakil Gubernur

Pengunjung

6 Online
245 Visitor Today
1,024,233 Total Hits

Hubungi Kami

Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Barat
Phone: (0751) 7057802
Fax: (0751) 7050424
Email: sdabk@sumbarprov.go.id

JL. Khatib Sulaiman No. 106 Padang, Provinsi Sumatera Barat.