Tanggap Darurat Bencana Banjir Bandang Dinas SDABK di Bukit Batabuah Kab. Agam


Posted on Thursday, 18 April 2024 | by : Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Admin SDA BK) | 188 kali dibaca


Telah terjadi banjir bandang/ galodo pada jum'at sore tanggal 5 April 2024 di Bukit Batabuah, Kec. Canduang Kab. Agam, yang berasal dari lahar dingin Gunung Marapi. Banjir bandang/ galodo lahar dingin ini terjadi akibat rangkaian erupsi Gunung Marapi sejak 3 Desember 2023 hingga saat ini, yang telah menghasilkan deposit material letusan berukuran abu, lapili, hingga batu vulkanik di daerah puncak dan lereng, dimana saat turun hujan, air mengisi aliran sungai dan bercampur dengan endapan vulkanik. Proses ini menghasilkan lahar yang mengancam daerah dengan elevasi lebih rendah, terutama mengikuti aliran sungai yang berhulu langsung di puncak gunung.

Pada sabtu, 6 april 2024 telah dilakukan penanganan dampak banjir yang terjadi di Bukit Batabuah Kab. Agam oleh Dinas SDABK Prov. Sumbar beserta pihak terkait lainnya dengan melakukan Normalisasi sungai dan pembersihan jalan menggunakan alat excavator.
Alat berat yg beroperasi sebanyak 4 unit yaitu dari Dinas SDABK Prov. Sumbar, BWSS V, Dinas PUTR Kab. Agam dan Zeni TNI AD Kota Payakumbuh serta dibantu dengan 2 unit dumptruck dari DLH Kab. Agam dan Dinas SDABK Prov. Sumbar dan 1 unit mobil damkar.

Dalam pelaksanaan tanggap darurat ini langsung dipantau oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi dan didampingi Kepala Dinas SDABK Bapak Fathol Bari, Kabid PJSA Bapak Rahmad Yuhendra, Kepala UPTD Balai SDABK Wilayah Utara Bapak Hendri Yulindra beserta staf terkait.